Rabu, 16 Maret 2011

RAJA NARSIS!

Cerita pendek oleh: Alkaryana 


LOVE PEDESTRIANS! Ungkapan yang dipromosikan oleh VH1 itu terasa memihak aku yang jalan kaki ke mana-mana. Sambil 'ta gendong' ransel ke mana-mana. Hmm, biarpun pejalan kaki, kata orang-orang aku ini si raja narsis! Pada topi, ada namaku yang dibikinkan tukang bordir di pusat perbelanjaan. Pada kertas-kertas nganggur di meja kantor, pada salah satu sudut kaca jendela laboratorium, ada namaku atau tanda tanganku. Pada web search di komputer-komputer, ada namaku yang tersimpan saat log out setelah nakal curi-curi waktu.

Itu belum termasuk suara merduku yang selalu kukumandangkan pada saat-saat santai atau istirahat di tempat kerja. Makanya mereka bilang aku 'singing teacher'. Itu kalau di tempat ngajar. Di tempatku fitness juga aku adalah vokalisnya. Dan dunia sepi tanpaku di sana.. Di pusat kebugaran itu memang ada fasilitas karaoke yang bisa digunakan bergiliran saat santai atau menunggu giliran menggunakan barbell, atau saat ogah-ogahan latihan. Senang kalau mereka tampak menikmati. Tak ada salahnya kan menghibur kawan-kawan di sekitar? Itung-itung latihan, bersiap diri sebelum seperti biasa Mr. Pin mendadak membunyikan ringtone-ku di pagi buta, ngajak ngamen. Apa masih kedengaran narsis..? Apa?? Sombong???

Whatever.

Mendingan sekarang cerita tentang jalan Malem Minggu kemaren dengan teman-teman kerjaku. Selesai semua tugas, aku, dan teman-temanku baik yang lokal maupun yang bule setuju buka puasa bareng di pujasera Paskal Hypersquare. Memang tak semua berpuasa sih.. Diantara delapan orang, cuma aku, Ellis dan Ririn yang puasa. Malah, dua teman buleku mondar-mandir ke counter minuman sejak kami mendapatkan tempat yang nyaman di dekat kolam ala Bali itu.That was so OK to me. Kan harus kuat mental, setelah tadi di kelas kuat fisik, saat anak-anak chubby dan sipit itu bergelantungan di pundakku dan berebut menyandera kedua pahaku. Hampir-hampir kewalahan memang. Tapi masing-masing tak mau kalah ingin diperhatikan dan diperiksa hasil kerjanya. Pantas saja si Tommy, boss buleku waktu nelepon bilang, "Nara.. you are a superstar! They want you to teach them today."

Sehabis selesai semua urusan buka puasa, malahan Sandy dan Puree sempat make flying fox di sana, kami ke salah satu cafe di daerah Gasibu. Busyet! Nama cafenya 'Seven Hells'!. Ah, whatever! Jangan memperlihatkan kekatrokan di depan umum! Kan bukan sekali ini saja datang ke cafe. Tapi untuk cuma hang out atau dugem sih memang sangat jarang. Biasanya kalau ada temen ngasih job nyanyi mengiringi yang makan malam saja.

'Seven Hells' mempunyai dua bagian, yaitu cafe bagian luar dan bagian dalam. Saat tiba di area cafe luar, mataku tiba-tiba terpaku pada sesosok bidadari yang sangat anggun, seperti yang sering terlihat di televisi. Luna Maya! Sedang apa dia di sini? Duduk di bar, sepertinya mau bicara di depan kamera. Mungkin lagi memperkenalkan cafe, atau ketahuan paparazzi infotainment lagi jalan di Bandung. Tak ayal keberadaannya membuat kakiku terseret-seret antara mengekor teman-temanku ke dalam, atau tetap di sana menancapkan pandangan mataku pada wajah cantiknya.

Di dalam, suasana nyaman sekali dengan tata letak dan lampu yang tentu saja membuat hilang segala penat seharian. Apalagi kami berhasil mendapatkan satu set sofa, kursi dan meja pada posisi sudut. Musik pun mengiringi sedapnya malam, mulai dari accoustic rock, R n B hingga irama Latin Santana.

Mengamati apa yang berlaku di dalam cafe dan bar, pantas cafe ini dinamai "Seven Hells'. Karena kalau tidak lepas kontrol, orang bisa masuk hell a.k.a. neraka karena tujuh alasan. Pertama, diantara suasana yang mendukung dan pengunjung lain yang tak peduli, laki dan perempuan yang bukan muhrim bisa pesta bibir dan lendotan semaunya, mungkin ntar lenjut ke tahap berikutnya di suatu tempat. Kedua, ... (DI-CUT DI SINI (SENSOR)--BIAR TAK TERLALU PANJANG, HEHE).

Menu utama kalau di cafe tentu saja minum. Kupikir, ada baiknya memegang prinsip, di mana bumi di pijak di situ langit dijunjung. Jangan sampe deh like fish out of water! Jadi aku juga pesan dong, minum. Semuanya sudah menyebutkan masing-masing pesanannya. Yang biasa-biasa saja, mengandung soda dan cairan hasil fermentasi lain, plus snacknya. Well.., semuanya menatapku menunggu pilihanku. Dengan gaya cool aku pesan, tak mau kalah, yang luar biasa, "Hot chocolate!"

Wiih, cantik-cantik dn ganteng-ganteng teman-temanku dengan gerakan mata dan bibir mereka ketika tercetus pesananku! Whatever!

Obrolan seru, tawa tiwi hingga terbatuk-batuk, seruu banget! "Gile, it's really a different night!" (TINGKAH LAKU KAMI DAN PARA PENIKMAT LAIN CAFE DISENSOR LAGI DI SINI) Dan saatnya pesan lagi minuman dan makanan, karena sepertinya masih lama kami di sana sedangkan hidangan sudah pada ludes. Pesan soda lagi, alkohol lagi, kacang lagi. Again, orderan dari mulutku ditunggu lagi, dan berpasangan mata melotot lagi ke arahku. Okay.., kali ini "should be something different for me!" Setelah menanyakan beberapa merk minuman energi yang kata mereka 'minuman sopir, dan tidak ada:

"Strawberry juice!" tercetus dari mulutku.

Kali ini Puree sudah tak tahan lagi menyimpan tawanya di kerongkongan. Diikuti yang lain. Wow.., cool, cool, aku bahagia melihat mereka bahagia.

Aku merasa tak mampu lagi untuk melanjutkan petualangan malam. Sedangkan mereka sudah bersetuju untuk pergi ke 'Nine Heavens', apalagi Anton dan yang lain-lain sudah menunggu di sana. Nah loh, silahkan pada mengawang awang di sembilan langit!

"Are we going now?" tanya Puree seraya berdiri, diikuti keempat kawan yang lain tentu saja plus aku. Dan semuanya beranjak dari sofa kami. Tangan Puree menggamit lenganku sambil berjalan menuju lorong ke arah luar. Karena barusan tak ada yang menjawab meski semua beranjak, Puree bertanya lagi butuh konfirmasi, "Are we going now?"

"I'm not going now, I'm going home," sahutku ke ujung telinga Puree. Dan Puree langsung bereaksi.

"Hey, you're going home, you're a fag!"

"Smart **s," aku protes, tapi Puree ngakak lagi.

Dan kami pun ngeloyor menelusuri koridor sempit itu. Demi melihat Puree berjalan limbung karena hak tingginya (maybe that was alcohol, too), aku merapatkan tubuhku kepadanya dan mengaitkan tangan kananku di pinggangnya, melewati bar luar hingga tiba di tangga teras. Saat itu kami menyadari telah meninggalkan yang lain di belakang. Jadi kami kembali menuju mulut lorong di mana ada lorong lain sebelah kirinya sebagai area toilet. Di sana Sandy dan Ellis sedang berdiri, hampir berdesakan dengan pengunjung lain yang lalu lalang. Ternyata mereka sedang menunggu Mic dan Mar yang ke toilet.

Setelah beberapa saat aku dan mereka berdiri di situ, pintu kamar kecil di hadapan kami tba-tiba terbuka. Dari situ, keluar sosok bidadari yang tadi kulihat saat tiba. "Luna Maya, still here!?" Setelah mengecek make up di wajahnya di cermin dan cuci tangan di wastafel, Luna berbalik arah berjalan ke arah kami. Tentu saja dengan anggun dan tak mempedulikan kiri kanan. Berjalan lurus, tepat di jalurku. Sepasang matanya yang besar bundar beradu pandang dengan mataku yang tiba-tiba bening setelah tadi kesat. Tak mau aku bersembunyi di balik lidah topiku! Ah.., kibasan rambutnya yang terurai, dan lambaian kain long dressnya menyemilirkan angin ke wajahku. Segar..., mukjizat! Itu ku rasa tak cukup! Maka saat kami semua berjalan meninggalkan cafe, aku curi-curi pandang ke arahnya yang sudah duduk di sofa cafe bagian luar itu.

Setelah memisahkan diri di parkiran, aku langsung naik angkutan umum. Mic dan Mar juga pulang bersama-sama denga motor Mic, sedangkan Puree, Ellis dan Sandy berngkat ke 'Nine Heavens' pake mobil Sandy. Di dalam angkot, Luna Maya pun setia menemaniku di dalam tempurung kepalaku.

"Luna Maya is beautiful..," bisik-bisik hatiku berulang-ulang, "Luna Maya is beautiful!"

Tapi sudahlah, harapan dan hayalan tingkat tinggi hanya akan membuatku gila. Aku hanya bisa melanjutkan bisikan-bisikan dalam hati, sendiri. Si Raja Narsis membatin?

"Beruntung sekali si Olga Syahputra bisa kenal dengan Luna Maya dan dapat bercengkrama setiap saat tanpa jarak. Juga Raffi Ahmad, bisa bercanda setiap waktu dengannya. Dan, laki-laki seperti Ariel Peterpan amatlah pantas menjadi sahabatnya, bahkan jika menjadi pasangannya sekalipun! Persahabatan yang setimpal antara seorang putri cantik dengan lelaki tampan pujaan setiap gadis seantero nusantara. Ah! Aku baru sadar.. Saat di ambang pintu toilet itu, sorot mata indahnya terpancar kepadaku. Pasti dengan topi gaul, jeans semi ketat, tee shirt dan blazer pas badan itu, di mata Luna aku sangat mirip Ariel Peterpan!!"


**AUGUST 2008**





Narsis in the gym
Look how she's lookin' at me!


Ditulis kembali di facebook pada 25 Agustus 2009, berikut respon-respon kawan-kawan:



        • Ully Artha Jalan Kaki ...SEHAT !
          Narsis ... its a very human being though ....
          So ..be your sef Al ..

          August 25, 2009 at 11:33pm ·  ·  1 person

        • Qwiniy Queen Kehidupan yg manusiawi yg tdk terbebani oleh dikte2 gaya hidup yg tak sesuai dg jiwa...biarkan narsis menemanimu gak pa pa...tetap menjadi diri sendiri....eh aku tunggu kelanjutannya...cepat jgn lama2 say...ILOVEYOUFULL
          August 25, 2009 at 11:37pm ·  ·  1 person

        • Ully Artha Coming soon .. thats a Promise !
          August 25, 2009 at 11:38pm · 

        • Alkaryana Chapterone ‎$ Mba Ully: That's absolutely right... I'm really looking forward to watching that "Bebek Belur", though.. :)
          August 25, 2009 at 11:39pm · 

        • Aris Nurjaman iya kang..enakkan jalan kaki sehat dan mengurangi karbon dalam peggunaan bensin....xixiii...piss yah..
          August 25, 2009 at 11:49pm ·  ·  1 person

        • Alkaryana Chapterone ‎$ Mba Ully: can't wait.. :) (maaf, pertanyaannya tadi deleted dulu buat dilengkapi, jadinya kebalik ya.. jawaban dulu. hehe)
          $ Queen: Ok, be patient.. xixixi

          August 25, 2009 at 11:49pm · 

        • Alkaryana Chapterone ‎$ K' Aris: eh, eh eh, jangan pipis sembarangan! :D
          August 25, 2009 at 11:51pm · 

        • Rita Diana
          ‎+ kq nanggung gtu critanx Al ?


          + ah !? Gak asix


          + truz gmn dunx ?!

          + kpn kelanjutannx

          + taon dpn kah ?

          + artinx gua komenin taon dpnnx lg ya ?

          + he he :-P

          August 25, 2009 at 11:53pm · 

        • Ully Artha Write something more Al...
          August 25, 2009 at 11:53pm ·  ·  1 person

        • Alkaryana Chapterone ‎$ ALL: I will.. I will continue it, soon! Malah ntar ada Luna Maya segala macam, xixixixixi :D
          August 25, 2009 at 11:58pm · 

        • Athallah Aryasatya Hahaha... Raja Narsis., here i am... :-D
          August 26, 2009 at 12:05am · 

        • Lookee Eyes wokeh al, this is so cool... just keep writing..
          August 26, 2009 at 12:18am · 

        • Astrid Nawangwulan Soedaryono
          pada...


          Lanjutanny,,


          Padahal boong..! Heu..

          *buruan lanjutin, A*

          August 26, 2009 at 12:24am · 

        • G.a. Andi Ratih A narsis adalah modal awal keberanian dan kreatifitas hyaaah!!
          August 26, 2009 at 3:27am ·  ·  1 person

        • G.a. Andi Ratih A wah ada mbak uli artha, idolaku jaman dulu. tapi kok masih tetep awet muda ya? atau ini foto lama?
          August 26, 2009 at 3:29am ·  ·  1 person

        • Risti Rismaya Dani asli mas yana..narsisttttt..u are so vain hehehehehe piss ;p
          August 27, 2009 at 9:48am ·  ·  1 person

        • Selvi Liu Widjaya hehehe.. you like me.. narsisss abisss... yuuukkk..
          August 30, 2009 at 5:54pm ·  ·  1 person

        • Ridwan Malik dana nya kurang yach..kog gak smpe tmt.!
          September 1, 2009 at 5:49pm ·  ·  1 person

        • Dedan Wahyuni Djaharin widiwww..eta nu narsis...ck3..
          kalo diibaratkan promosi produk, introductionnya udah meyakinkan neh..skr buruan launching karya aslinya, jgn tlalu lama..don't kill readers' xpectation 2 long, bro!

          September 2, 2009 at 12:57pm ·  ·  1 person

        • Alkaryana Chapterone Guys, THANKS for the surprisingly enthusiastic, encouraging responses.. AS OF TODAY, YOU CAN READ THE 'COMPLETE' SHORT STORY OF RAJA NARSIS! HOPE YOU LIKE IT :)
          [Remember: Stop plagiarism. Free your minds!:)]

          September 4, 2009 at 3:41pm · 

        • Dedan Wahyuni Djaharin ukey, i read ur story diz time..maybe it-s supposed 2 be entitled : raja narsis in luv with luna maya..or raja narsis en ariel-setipis kulit duren! ha2..anyway, dr dl yg plg aku suka ktika membaca tulisan apapun itu adalah brusaha merasakan apakah tulisannya -jujur- en i think urs definitely is, also that ur story is warm en lightly served. it-s like chatting with u in person..keep on writing mr yana!
          September 4, 2009 at 10:38pm · 

        • Alkaryana Chapterone Yea Dedan.. Kepikiran jg sich bikin inì satu bagian saja dari d whole long story of si raja narsis, n bner bgt, jdl asli (1st draft) adlh 'Raja Narsis Dan Luna Maya'. Btw inget gak ttg Mariah Carey yg tiba2 ngomong Sunda pas curhat sama aku smbil nangis?
          September 4, 2009 at 11:12pm · 

        • Athallah Aryasatya Ampuun... Sumpah... Narsis abis... Aku baru dikit bacanya... Hmfh... Dasar Al... :-P
          September 5, 2009 at 12:16am ·  ·  1 person

        • Alkaryana Chapterone Kkkkkk.. :D Gpp Yunta sikit demi sikit jg gpp, anggap aja cerbung! whehehe :->
          September 5, 2009 at 12:26am · 

        • Rita Diana
          ‎+ ha ha
          + gilak lo Al
          + gua dah mpe pusing 7 keliling ngebaca teks lo yg panjangnx spt ular naga dlm dongeng , eh ternyata elo hanx menceritakan betapa dikau terpesona dgn kecantikannx Luna Maya wkt ktmu di toilet
          + tp asix jga tuu
          + elo dah k...See More

          September 5, 2009 at 12:08pm ·  ·  1 person

        • Alkaryana Chapterone ‎$ Rita: Asyik jg ketemu ama JaZZ Queen yg rocks abiez like u! :-j>
          September 5, 2009 at 5:47pm · 

        • Lookee Eyes tdnya kirain fiksi, tp true story ya...?? okeh.. seep!!
          September 6, 2009 at 2:06am ·  ·  1 person

        • Astrid Nawangwulan Soedaryono
          yah,, lg asik2 baca,, ehh ko critany di cut2 c?? Hm,, penasaran dh..


          hahaha.. Kalimat trakhir ko jd TANDA TANYA besar y?? *iy, gt?? Wkwkwk*


          bnr2 RAJA NARSIS..!!!!!

          Bsk kl bikin note baru,, mgkn a'yana namany brubah jd chaptertwo??!! Xixixixi..

          Berbakat uyy..!!!

          September 6, 2009 at 2:24am ·  ·  1 person

        • Rani Suryaningsih ah, gw tdk ada di sana.. :D!
          September 7, 2009 at 4:52pm ·  ·  1 person

        • Sri Intan Fatmawati
          Mr Yana akhirnya c aku bc juga niy...
          ada miss pur n miss mar jg trnyata
          dgr" sbt nama aku jg tuh (luna maya) hahahhahh
          sesuai dgn jdlnya, at the end... RAJA NARSIS!!
          ariel??? ok. heuheuuu
          can't wait for the next story...

          September 9, 2009 at 12:22pm ·  ·  1 person

        • Weight Kafein just..be your, yourself n you..don't be anybody else, dude..!!
          September 9, 2009 at 12:44pm ·  ·  1 person

        • Alkaryana Chapterone Waah, sekarang ada yg manggil gue Dude. Dìsangkanya Dude Harlino 'ngkali ya?! :D
          September 9, 2009 at 12:58pm · 

        • Weight Kafein Abis mirip2..seeh..
          September 9, 2009 at 1:14pm · 

        • Sandra Lambey guilty as charged! :D
          September 11, 2009 at 5:03pm ·  ·  1 person

        • Alkaryana Chapterone Lulus khan bwt jadi scriptwriter di 'Sky'? xixixi ;-P
          September 11, 2009 at 5:33pm · 

        • Budhianto Hadinugroho Oh kamu mirip Ariel Peterpan toch? baru tau aku! Hehehehehehe
          September 14, 2009 at 4:05pm ·  ·  1 person

        • Lilies Agustine hahahaahahha ... no comment!!! great story
          September 25, 2009 at 2:19pm ·  ·  1 person

        • Nur Maharani S Ari Anton jeung Ririn teh saha?
          September 28, 2009 at 10:37pm ·  ·  1 person

        • Alkaryana Chapterone ‎@Rani: maaf baru jawab sekarang nih, udah setahun ya? Elo kan si Ririn, hehehe
          @Neneng Puri: Anton teh si Daniel :D

          September 16, 2010 at 4:30pm · 

        • Selvi Liu Widjaya 
          September 16, 2010 at 4:37pm · 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar